Baginda Dahlan Abdoellah: Konteks Sejarah dan Kisah Hidup Hulpleraar Bahasa Melayu Pertama di Universiteit Leiden dan Aktivis Perhimpunan Hindia

SURYADI adalah tenaga pengajar dalam bidang bahasa, sastera dan budaya Melayu/Indonesia di Department of South and Southeast Asian Studies, Universiteit Leiden.

UMSU Press & Gre Publishing (Cetakan pertama, 2023)
xxii + 814 halaman termasuk Bibliografi dan Indeks

RM110.00

In stock

ISBN: 9786234084016 Product ID: 40959 Subject: Sub-subjects: , ,

Baginda Dahlan Abdoellah: Konteks Sejarah dan Kisah Hidup Hulpleraar Bahasa Melayu Pertama di Universiteit Leiden dan Aktivis Perhimpunan Hindia merupakan sebuah karya biografi yang membuka misteri kehidupan seorang tokoh Indonesia yang hampir terlupakan dan tenggelam oleh berbagai tumpuan peristiwa sejarah masa lalu dan kekinian. Dahlan Abdoellah, dari Sumatra Barat, pergi untuk belajar di Sekolah Guru di Belanda pada tahun 1913, bersama dengan Tan Malaka. Dia terlibat dalam aksi radikal sebagai anggota pengurus De Indische Vereeniging (Perhimpunan Hindia) pada tahun 1918, saat pertama kali kemerdekaan Indonesia diartikulasikan di depan publik. Beliau tetap menjadi penasihat Perhimpunan Indonesia, ketika organisasi yang menjadi pewaris Perhimpunan Hindia itu, pada tahun 1920-an, berada di bawah kepemimpinan Mohammad Hatta, beralih ke jalur radikal, yang menentang penguasa kolonial Belanda.

Ketika kembali ke Indonesia pada tahun 1924, Dahlan Abdoellah tetap menjadi pendukung kuat kemerdekaan Indonesia, sampai beliau meninggal sebagai Duta Republik Indonesia Serikat di Baghdad pada tahun 1950. Beliau aktif di Parindra dan anggota dewan kota Jakarta, bahkan menjadi Wakil Khusus Walikota Jakarta di zaman pendudukan Jepun. Penulis telah melakukan pekerjaan yang luar biasa, pertama mengumpulkan semua jenis sumber yang selama ini tidak diketahui mengenai Dahlan Abdoellah, dan kemudian menyusun biografinya untuk menetapkan Dahlan Abdoellah sebagai perintis sejati dan pahlawan kemerdekaan Indonesia. Penghargaan khusus mesti diberikan terhadap terjemahan bahasa Indonesia seri tulisan Dahlan Abdoellah yang beliau terbitkan menerusi surat kabar Belanda De Telegraaf tentang ziarahnya ke Mekah—sumber yang langka dan sangat berharga.

Kata Pengantar

1. Pendahuluan
2. Dahlan Abdoellah Lahir di Pariaman
3. Ke Negeri Belanda
4. Memasuki Dunia Pergerakan di ‘Negeri Penjajah’
5. Penggilan Tanah Air
6. Cita-cita Tercapai: Indonesia Merdeka
7. Het Dagboek van Een Mekka-Ganger: ‘Membaca’ Pikiran Seorang Intelektual Indonesia Berlatar Pendidikan Eropa tentang Ibadah Haji Awal Abad ke-20

Lampiran
Bibliografi
Indeks

Weight1.181 kg
Dimensions23 × 15 × 4.4 cm
Author(s)

Format

Language

Publisher

,

Year Published

Reviews

There are no reviews yet

Only logged in customers who have purchased this product may leave a review.

More from this Author